Tutorial Membuat Aplikasi Android dengan Librari Volley
Hai sobat, masih pada artikel tentang android, pada artikel sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara menjalankan project androidstudio langsung pada perangkat android, dan kali ini saya akan membahas tentang networking pada android. Berikut penjelasan serta langkah-langkah pembuatannya.
Untuk membuat aplikasi android yang bagus dan besar, kadang aplikasi harus terkoneksi dengan internet dan platform lain. Pada pembuatan aplikasi semacam itu maka kita harus menggunakan Web Service. Apa itu web service? Untuk lebih mudahnya, web service adalah bagaimana aplikasi dari lain platform bisa saling terhubung, aplikasi bisa diakses di berbagai platform tanpa memperhatikan di mana database da server berada, aplikasi bisa terhubung dengan menggunakan koneksi intenet. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Dengan menggunakan Web Service, penguna android dapat menjalankan aplikasi dimanapun dan kapanpun. Untuk mengambil data dari server menggunakan aplikasi android, diperlukan jembatan yang disebut JSON, untuk lebih lengkapnya tentang JSON, sobat bisa cari sendiri di mbah google 😂
Dengan menggunakan Web Service, penguna android dapat menjalankan aplikasi dimanapun dan kapanpun. Untuk mengambil data dari server menggunakan aplikasi android, diperlukan jembatan yang disebut JSON, untuk lebih lengkapnya tentang JSON, sobat bisa cari sendiri di mbah google 😂
Baca juga "Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang"
Untuk web service singkatnya seperti itu, sekarang kita akan masuk tentang Volley. Apa itu Volley? Volley adalah librari yang digunakan untuk penggunaan jaringan seperti mendapatkan data dan mengirim data dengan mudah dan cepat. Volley ini adalah librari yang diciptakan langsung dari google untuk mempermudah developer dalam mengembangkan aplikasi. Volley menawarkan banyak sekali manfaat seperti berikut ini :
· penjadwalan otomatis permintaan jaringan.
· Beberapa koneksi jaringan bersamaan.
· Dukungan untuk permintaan prioritas.
· Pembatalan permintaan API. Anda dapat membatalkan permintaan tunggal, atau Anda dapat mengatur blok atau lingkup permintaan untuk membatalkan.
· Kemudahan kustomisasi, misalnya, untuk coba lagi dan backoff.
· memesan kuat yang membuatnya mudah untuk benar mengisi UI dengan data diambil asynchronous dari jaringan.
· Debugging dan alat pelacakan.
Volley sangat berguna dan bermanfaat untuk membuat aplikasi networking pada android. Voley bisa digunakan secara bebas dan mudah disesuaikan dengan algoritma developer. Volley menyimpan data pada memori ketika menjalankan operasi jaringan, sehingga volley tidak cocok digunakan untuk mengunduh data dalam ukuran yang sangat besar,
Untuk menggunakan Volley, kita harus menginstal librarinya terlebih dahulu dengan memasukkan kode berikut ini pada file grandle:build, untuk kodenya seperti berikut :
Oke seperti itu pengenalan dari Volley, untuk selanjutnya akan dijelaskan langkah - langkah penggunaan dari volley
Membuat Project Baru
Pertama buat project baru dengan nama Volley, dan beri nama domain sesuai keinginan sobat.
Membuat Tampilan
Selanjutnya untuk tampilan, tambahkan satu komponen TextView dan satu komponen ImageView, untuk kodenya seperti berikut ini
Menginstal Librari
Jika tampilanya sudah dibuat, selanjutnya instal librarinya di file build:grandle. Selain librari volley, tambahkan satu librari untuk menampilkan gambar dari server, bisa juga disebut image loader. Di sini saya mengunakan librari glide. Kedua librari tersebut kebetulan bisa digabungkan menjadi satu paket kode. Untuk kodenya seerti berikut ini :
Membuat Logika Java
Setelah membuat tampilan dan menginstal librari, selanjutnya adalah membuat logikanya di file java. Silahkan buka class MainActivity dan buat kodenya seperti berikut ini
Menjalankan Program
Jika semuanya sudah siap, sekarang aplikasi bisa dijalankan dengan memilih menu Run-app, maka tampilanya akan jadi seperti berikut ini
Nah pada aplikasi tersebut sobat sudah bisa mengambil data dari server dengan aplikasi android berupa json yang ditampilkan pada Toast ketika volley menjalankan method onResponse.
Begitulah kurang lebih persiapan awal mengambil data dari server menggunakan librari Volley, untuk artikel berikutnya kita saya akan menunjukkan cara menampilkan data ke dalam komponen yang sudah ditampilkan di dalam layout yang sudah dibuat.
Sekian artikel tentang Tutorial Android dengan Librari Volley, semoga bermanfaat, nantikan artikel menarik lainya. Silahkan ikuti blog setya aji atau bagikan artikel ini jika sobat menyukai artikel ini. Silahkan isi kolom komentar di bawah jika sobat memiliki pertanyaan, kritik atau saran.. Sampai jumpa... 😁
dependencies {
...
compile 'com.android.volley:volley:1.0.0'
}
Oke seperti itu pengenalan dari Volley, untuk selanjutnya akan dijelaskan langkah - langkah penggunaan dari volley
Membuat Project Baru
Pertama buat project baru dengan nama Volley, dan beri nama domain sesuai keinginan sobat.
Membuat Tampilan
Selanjutnya untuk tampilan, tambahkan satu komponen TextView dan satu komponen ImageView, untuk kodenya seperti berikut ini
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:id="@+id/activity_main"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin"
tools:context="com.aji.voley1.MainActivity">
<TextView
android:text="Hello World!"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignParentTop="true"
android:layout_alignParentLeft="true"
android:layout_alignParentStart="true"
android:id="@+id/textView4" />
</RelativeLayout>
Menginstal Librari
Jika tampilanya sudah dibuat, selanjutnya instal librarinya di file build:grandle. Selain librari volley, tambahkan satu librari untuk menampilkan gambar dari server, bisa juga disebut image loader. Di sini saya mengunakan librari glide. Kedua librari tersebut kebetulan bisa digabungkan menjadi satu paket kode. Untuk kodenya seerti berikut ini :
dependencies {
...
compile 'com.android.volley:volley:1.0.0'
}
Membuat Logika Java
Setelah membuat tampilan dan menginstal librari, selanjutnya adalah membuat logikanya di file java. Silahkan buka class MainActivity dan buat kodenya seperti berikut ini
package com.aji.voley1;
import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.widget.ImageView;
import android.widget.TextView;
import android.widget.Toast;
import com.android.volley.Request;
import com.android.volley.RequestQueue;
import com.android.volley.Response;
import com.android.volley.VolleyError;
import com.android.volley.toolbox.StringRequest;
import com.android.volley.toolbox.Volley;
import com.bumptech.glide.Glide;
import org.json.JSONArray;
import org.json.JSONException;
import org.json.JSONObject;
import java.util.ArrayList;
import java.util.HashMap;
public class MainActivity extends AppCompatActivity {
private ImageView imghp;
private TextView txtmerk, txttipe, txtketerangan;
private RequestQueue requestQueue;
private StringRequest stringRequest;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
String url = "http://armioindonesia.esy.es/app_berita/getberita.php";
requestQueue = Volley.newRequestQueue(MainActivity.this);
stringRequest = new StringRequest(Request.Method.GET, url, new Response.Listener<String>() {
@Override
public void onResponse(String response) {
Toast.makeText(MainActivity.this, response, Toast.LENGTH_LONG).show();
}
}, new Response.ErrorListener() {
@Override
public void onErrorResponse(VolleyError error) {
Toast.makeText(MainActivity.this, error.getMessage(), Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
});
requestQueue.add(stringRequest);
}
}
Menjalankan Program
Jika semuanya sudah siap, sekarang aplikasi bisa dijalankan dengan memilih menu Run-app, maka tampilanya akan jadi seperti berikut ini
Nah pada aplikasi tersebut sobat sudah bisa mengambil data dari server dengan aplikasi android berupa json yang ditampilkan pada Toast ketika volley menjalankan method onResponse.
Begitulah kurang lebih persiapan awal mengambil data dari server menggunakan librari Volley, untuk artikel berikutnya kita saya akan menunjukkan cara menampilkan data ke dalam komponen yang sudah ditampilkan di dalam layout yang sudah dibuat.
Sekian artikel tentang Tutorial Android dengan Librari Volley, semoga bermanfaat, nantikan artikel menarik lainya. Silahkan ikuti blog setya aji atau bagikan artikel ini jika sobat menyukai artikel ini. Silahkan isi kolom komentar di bawah jika sobat memiliki pertanyaan, kritik atau saran.. Sampai jumpa... 😁
Post a Comment