Tips Mengatasi Lag di Android dengan Fitur Developer Options (Tanpa Root)

Memiliki smartphone dengan performa yang cepat dan responsive tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Apalagi jika kita hanya memiliki satu smartphone dan itulah yang kita gunakan sehari-sehari untuk menunjang setiap aktivitas dan pekerjaan kita.


Namun, ada kalanya smartphone yang kita gunakan mulai melambat dari sisi performa dan kecepatan responsivitasnya. Salah satu penyebabnya misalnya karena komposisi hardware yang termasuk dalam kategori standar.

Sebenarnya, untuk mengatasi mengatasi Lag di Android atau responsivitas smartphone yang menurun tidaklah terlalu sulit. Karena, sistem operasi Android itu sendiri telah menyediakan fitur Developer Options atau jika smartphone kita dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Opsi Pengembang.
Apa sih Developer Options itu?

Developer Options atau Opsi Pengembang adalah fitur tersembunyi yang terdapat pada menu Setelan. Mengapa disembunyikan? Karena pada dasarnya Developer Options ditujukan bagi para Developer (Pengembang) atau bagi pengguna yang ingin mendapatkan User Experience lebih pada smartphone nya.

Untuk pengguna awam bagaimana? Sebenarnya sah-sah saja jika pengguna lainnya ingin mengakses fitur ini. Namun, harus berhati-hati agar tidak terjadi error pada smartphone.
Cara Memunculkan Developer Options

Umumnya para produsen smartphone menyembunyikan fitur ini, namun ada juga beberapa produsen yang memang telah menyediakan fitur ini sejak awal. Kamu bisa mengeceknya langsung di menu Setelan, jika kamu tidak menemukannya artinya fitur tersebut memang sengaja disembunyikan.

Untuk memunculkannya, kamu bisa mengikuti step-step berikut ini:

1. Buka menu Setelan atau Setting
2. Pilih About Phone
3. Tekan 5-7 kali pada opsi Build Number atau Nomor Bentukan hingga muncul pesan “Sekarang Anda adalah Seorang Pengembang”
4. Kemudian kembali lagi ke menu Setelan
5. Pilih Developer Options, lalu aktifkan
Tips Mengatasi Lag di Android

Setelah mengaktifkan fitur Developer Options, maka akan muncul beberapa pilihan yang bisa kamu atur disana. Kamu bisa mengikuti step-step di bawah ini untuk settingannya.



1. Pada tab Gambar(Drawing), kamu bisa mengubah Skala Animasi Jendela (WindowAnimation Scale), Skala Animasi Transisi (Transition Animation Scale) , dan Skala Durasi Animator (Animator Duration Scale) menjadi 0.5x (semakin kecil semakin cepat, untuk default nya dari masing-masing opsi tersebut adalah 1x).

2. Pada tab Render yang dipercepat Perangkat Keras (Hardware Accelerated Rendering) silakan ceklis pada bagian Paksa Perenderan GPU (Force GPU Rendering), Force 4x MSAA, dan Nonaktifkan Lapisan HW (Disable HW Overplay).

3. Pada tab Apl (Apps), silakan ceklis Jangan Simpan Kegiatan (Don’t Keep Activities) dan Tampilkan semua ANR (Show All ARNs). Dan pada opsi Batas Proses Latar Belakang (Background Process Limit) ubah menjadi maksimal 3 proses.

4. Selanjutnya, restart smartphone kamu dan rasakan perubahannya.

Sumber : disini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.